DEFINISI DAN TUJUAN PENGOLAHAN CITRA

Citra = gambar = image Citra, menurut kamus Webster, adalah suatu representasi, kemiripan, atau imitasi dari suatu objek atau benda misal :
ü  foto Anda mewakili entitas diri Anda sendiri di depan kamera
ü  foto sinar-X thorax mewakili keadaan bagian dalam tubuh seseorang
ü  data dalam suatu file BMP mewakili apa yang digambarkannya
Citra, dari sudut pandang matematis, merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang 2 dimensi. Citra yang terlihat merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya ditangkap oleh alat-alat optik, misal mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dsb, kemudian direkam.
Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekaman data dapat bersifat :
ü  optik berupa foto
ü  analog berupa sinyal video seperti gambar pada monitor televisi
ü  digital yang dapat langsung disimpan pada media penyimpan magnetik

Pengolahan Citra / Image Processing adalah proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau computer. Teknik pengolahan citra dengan mentrasfor-masikan citra menjadi citra lain, contoh : pemampatan citra (image compression). Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Selanjutnya hasil pengolahan citra akan dilanjutkan pada proses pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Pengelompokan data numerik dan simbolik (termasuk citra) secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar